21
Feb
09

Batik KORPRI

Pagi-pagi, berangkat kerja, sambil nyanyi-nyanyi. Pagi itu cerah sekali. Mentari pagi, sahabat terbaikku, bersinar begitu hangat. Hmm…perfect.

Keluar rumah dengan wajah cerah, kusapa semua orang dengan senyuman. Beberapa tetangga juga tengah bersiap untuk memulai aktivitasnya masing-masing. Bocah-bocah berangkat sekolah. Seorang kakek tengah asyik ‘momong’ cucu kesayangannya. Tampak di kejauhan, seorang perempuan setengah baya sibuk dengan puluhan pot bunga yang tertata cantik di teras rumah mungilnya. Sosok perempuan itu menarik perhatianku.

Perempuan itu tampak begitu anggun. Mungkin juga efek dari keindahan bunga-bunga di sekelilingnya. *Somehow,aku merasa bunga selalu tampak tersenyum ketika menyambut hangatnya mentari. Ajaib ya..* Bu Kardi namanya. Pagi itu ia mengenakan pakaian terusan panjang, yang oleh orang jawa dianugerahi nama ‘daster’. Daster panjang berwarna biru. Semakin dekat aku melangkah, semakin jelas terlihat, ah, motif batik rupanya. Cantik. Semakin dekat, semakin jelas. Semakin aku merasa…ada yang janggal dengan daster itu. Tepatnya motif batik pada daster itu.

Oh my God. Aku kenal motif itu. Aku sangat sangat mengenalnya. Itu motif batik KORPRI. Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia. Persis seperti motif seragam bapak ibu guruku jaman SD dulu. Persis motif seragam KORPRI mamaku. Ayahku juga. Tapi sedikit berbeda dengan motif KORPRI yang dikenakan oleh PNS-PNS jaman sekarang. Beda dengan milikku juga, tentu. Karena warnanya biru. Itu edisi lama. Motif batik KORPRI sekarang ini berwarna hitam putih, dan berbahan satin, jadi punya efek sedikit berkilau.

Oh no… motif batik yang mengingatkanku pada guru-guru SD ku yang terhormat, kini melekat di daster Bu kardi. Padahal seingatku Bu Kardi tidak pernah menjadi pegawai negri. Tentu saja.. :)


0 Responses to “Batik KORPRI”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: