16
Nov
08

Ayahku…

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun..

Ayahku meninggal kurang lebih 19 hari yang lalu, tepat pada Hari Peringatan Sumpah Pemuda. Usianya 56 tahun, belum lama pensiun. Rambutnya bahkan belum sempat memutih…belum sehelai pun. Terakhir kali aku melihat wajah almarhum Ayah, sebelum dimakamkan…tampak sangat tenang. Seperti sedang tidur. Sisi idiot dalam diriku sempat berpikir untuk membangunkannya, berharap siapa tau Ayah hanya sedang tidur lelap, dan akan kembali terjaga jika kusentuh kakinya. Hmm.. Sampai hari ini, aku masih belum benar2 bisa percaya bahwa Ayah akan meninggalkan kami secepat ini. Kami nggak siap…*sigh* tidak seorang pun akan pernah siap menghadapi hal semacam ini.

Aku bingung *waktu itu* tidak tau harus bersikap seperti apa. Aku hanya perempuan biasa…dan aku ingin menangis sekencang2nya. Tapi melihat mama yang berusaha begitu kerasnya untuk bisa tegar.. I’m spechless.. Tidak sepatah kata pun yang keluar dari mulutku. Tidak pula tangis. Hanya air mata yang keluar dengan sendirinya tanpa bisa kukendalikan. Apalagi menghadapi kenyataan bahwa akulah si sulung, yang mau tidak mau harus turun tangan sendiri, membereskan ini itu. Aku, dalam duka yang tidak bisa kuungkapkan, mendadak harus memikul tanggung jawab untuk menjadi pengambil keputusan ini itu. Untungnya sih, ada banyak teman, tetangga, dan kerabat yang luar biasa..mereka banyak banyak banyak sekali membantu kami, dan kami sangat sangat berterima kasih untuk semuanya. Aku, yang bodoh ini, tidak akan bisa berbuat apa2 dalam situasi seperti ini, tanpa uluran tangan mereka. Terima kasih…

Sampai hari ini, aku masih menunda tangisku… Aku masih perempuan biasa.. Dan aku masih ingin menangis.. someday.

 

Terima kasih,

Kiki Basuki.


0 Responses to “Ayahku…”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

